Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Hingga Perawatan Kecantikan

Minyak zaitun merupakan hasil dari ekstrak buah zaitun yang lebih terkenal sebagai penambah rasa pada menu makanan. Manfaat minyak zaitun sangat baik untuk tubuh karena dapat kita gunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan wanita.

Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun secara maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Seperti yang dikutip dari okezone.com, beberapa hal diantaranya adalah memperhatikan kesegaran minyak zaitun. Karena minyak yang terlalu lama tidak akan memberikan manfaat secara maksimal. Jenis buah zaitun yang digunakan juga memperngaruhi khasiat minyak yang dihasilkan. Selain itu, pilih juga minyak zaitun yang dikemas dalam botol kaca atau kaleng agar minyak tak mengalami oksidasi dan penurunan kualitas.

Manfaat Minyak Zaitun


Manfaat Minyak Zaitun
image:blog.fairwaymarket.com

Berikut ini beberapa khasiat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan:

Untuk menjaga kesehatan jantung
Tidak seperti minyak pada umumnya, minyak zaitun dapat kita gunakan untuk merawat jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Kandungan lemak tak jenuh tunggal tersebut dapat mengontrol kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Untuk perawatan kulit
Selain digunakan untuk menjaga jantung agar tetap sehat, ternyata minyak zaitun dapat digunakan untuk perawatan kulit agar terlihat tetap cantik dan sehat. Minyak zaitun dapat membuat kita terlihat lebih awet muda karena dapat melawan tanda-tanda penuaan dini, mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh karena mengandung antioksidan, dapat melembabkan dan melembutkan kulit kering, serta tidak memiliki efek samping sehingga aman untuk digunakan.

Untuk perawatan rambut
Minyak zaitun Anda gunakan untuk merawat rambut sehari-hari untuk membuat rambut lebih lembut, mengembalikan kelembapan dan kemilau rambut Anda.

Untuk membantu melancarkan pencernaan
Jika sistem pencernaan Anda sering terganggu dan tidak lancar, maka Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengatasinya. Sudah banyak orang dari berbagai generasi yang menggunakan minyak zaitun untuk meningkatkan fungsi pencernaannya.

Untuk melindungi dari sengatan matahari
Dengan menggunakan minyak zaitun dapat menjadi pelembab yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan menyembuhkan dari paparan sinar matahari secara bertahap.

Untuk melembabkan bibir
Anda dapat membuat pelembab bibir sendiri secara alami menggunakan minyak zaitun. Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan beeswax yaitu merupakan lilin alami yang diproduksi dari sarang lebah. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat membuat bibir Anda Anda lembap dan terhidrasi.

Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati
Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan garam atau gula untuk meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga sel-sel kulit baru dapat tumbuh yang membuat kulit tetap cantik dan kencang.

Minyak zaitun  merupakan salah satu bahan alami yang aman seperti halnya manfaat buah naga yang merupakan hasil dari alam. Selamat mencoba!