Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan Kulit

Selain buah naga, pisang juga dapat Anda masukkan kedalam menu harian sebagai pelengkap bauh-buahan.  Karena buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh kita. Selain bagus untuk kesehatan, Anda juga dapat menggunakan buah pisang sebagai salah satu perawatan kulit agar lebih cantik dan sehat.

Ada banyak sekali berbagai macam jenis buah pisang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Namun secara umum, manfaat dan khasiat buah pisang hampir sama. Anda tinggal mencari buah pisang yang sudah masak untuk segera dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus yang segar. Berikut ini beberapa khasiat pisang yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Pisang


Manfaat Pisang


Dapat meningkatkan kesehatan otak
Buah pisang dapat meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi otak dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan teratur sebanyak tiga kali sehari sebagai pencuci mulut.

Dapat digunakan untuk mengatasi penyakit usus dan perut 
Buah pisang mengandungan vitamin C yang dapat berguna sebagai pertahanan inflamasi. Caranya cukup ambil buah pisang setelah itu campurkan dengan susu cair sebagai ramuan untuk mengobati penyakit usus. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah ini dapat mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus.

Untuk melancarkan peredaran darah
Selain vitamin C, buah pisang juga mengandungan kalium dan potasium yang berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga dapat membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.

Untuk melancarkan nafsu makan
Anda dapat mengkonsumsi dua buah pisang dicampur dengan satu sendok madu untuk menambah nafsu makan.

Buah pisan dapat digunakan sebagai sumber tenaga
Jika rasa lelah dan capek menyerang akibat seharian bekerja, maka buah pisang dapat menjadi solusinya. Kandungan gula yang terdapat dalam buah pisang dapat dengan mudah dicerna dan diubah menjadi sumber tenaga.

Untuk membantu mengatasi diabetes
Bagi penderita diabetes, dapat menggunakan pisang khas Gorontalo (Sulawesi Utara) GORoho yang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda sebagai menu makanan tambahan bagi penderita diabetes.

Untuk membatu program penurunan berat badan
Bagi Anda yang menjalankan program diet dapat menambahkan menu pisang untuk membantu menurunkan berat badan. dengan makan 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau bisa dengan susu cair setiap hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu,akan membantu menurunkan berat badan. Kalorinya hanya 1250 dan menu ini pas dan cukup menyehatkan.

Dapat membantu menyembuhkan luka bakar 
Untuk mengatasi luka bakar ringan, Anda dapat menggunakan salah satu bagian dari tanaman pisang. Caranya ambil abu dari daun pisang kemudian tambahkan dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar.

Dapat mengobati bekas gigitan nyamuk
Caranya cukup mudah, langsung saja ambil sedikit kulit pisang bagian dalam kemudian oleskan  pada bentolan kulit bekas digigit nyamuk. Cara tersebut dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan merah bekas gigitan nyamuk.

Dapat mengatasi anemia
Buah pisang mengandung zat besi yang tinggi sehingga bagus bagi penderita anemia. Cukup konsumsi dua buah pisang setiap hari secara rutin dan teratur. 

Dapat membantu mengurangi nyeri haid
Buah pisang jua mengandungan Vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang dapat merusak mood dan menyebabkan nyeri haid.

Selain baik untuk kesehatan, buah pisang juga bagus untuk perawatan kulit sehari hari. Diantaranya adalah untuk melembutkan kulit, mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, dan mencerahkannya. Anda dapat membuat masker dari pisang dan beberapa bahan alami lain seperti alpukat, minyak zaitun atau strawberry. Selamat mencoba!