Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat buah alpukat sudah tidak diragukan lagi dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan karena sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa terdapat banyak sekali kandungan dalam buah alpukat yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya bagus untuk kesehatan saja, buah alpukat juga seringkali digunakan untuk perawatan kecantikan mulai dari masker wajah, untuk perawatan rambut agar lebih lembut, hingga perawatan kulit tubuh agar sehat dan cerah. Tidak heran jika kini sudah banyak produsen produk-produk kecantikan yang menggunakan buah alpukat sebagai bahan baku produksinya.

Manfaat Alpukat


Manfaat Buah Alpukat
image:aviva.co.id

Mengapa buah alpukat sangat baik untuk tubuh? Hal in tidak lepas dari kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat didalamnya. Buah alpukat mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A , vitamin B1, vitamin C, air, dan serat. Lantas apa saja khasiat buah alpukat untuk kesehatan? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  • Buah alpukat dapat mencegah resiko penyakit stroke. Alpukat mengandung asam folat yang berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup mudah, Anda cukup makan satu buah alpukat secara rutin setiap hari.
  • Buah alpukat dapat ,enangkal radikal bebas karena terdapat landungan vitamin E, C atupun flavonoid. Radikal bebas merupakan penyebab utama timbulnya penyakit kanker. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mengkonsumsi buah alpukat secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Untuk menjaga kesehatan mata. Buah alpukat mengandungan vitamin A yang berperan penting dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.
  • Buah alpukat dapat menjaga kesehatan jantung. Asam folat yang tinggi dalam buah alpukat akan menjaga kesehatan jantung. Dalam satu gelas alpukat terdapa sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Buah alpukat dapat mengatasi sakit maag ringan. Untuk mengatasi penyakit maag, Anda dapat mengkonsumsi sari biji buah alpukat.
  • Dapat  mencegah kanker prostat. Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
  • Dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.
Seperti halnya manfaat buah naga, untuk bisa mendapatkan khasiat alpukat secara maksimal Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin dengan membuatnya menjadi minuman jus yang segar atau mengkonsumsi secara lansung. Selamat mencoba!