Beragam Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat buah sirsak sama hebatnya dengan manfaat buah naga, buah sirsak memiliki banyak sekali khasiat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah sirsak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif penyembuhan penyakit kanker. Tidak hanya bagian buahnya saja yang dapat kita gunakan, namun bagian lain seperti daun sirsak hingga kulitnya dapat kita ambil manfaatnya.

Buah sirsak merupakan buah yang berwarna hijau, terdapat seperti duri-duri lembut agak jarang pada bagian kulitnya dan memiliki rasa asam manis. Untuk bisa mendapatkan khasiat buah sirrsak, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dengan membuatnya menjadi minuman jus yang dapat menghilangkan rasa dahaga.

Manfaat Sirsak


image:manfaatdaunsirsak.com

Mengapa buah sirsak dapat mengatasi berbagai macam penyakit? Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat dalam buah sirsak, diantaranya adalah buah sirsak kaya Vitamin C dengan kandungan 20 mg per 100 gram daging buah. Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi pada buah sirsak merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.  Selain itu sirsak juga kaya serat yang mencapai 3,3 g per 100 g daging buah, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut ini tabel kandungan zat dizi buah sirsak (per 100 gram) dan khasiat yang bisa kita dapatkan.
  • Energi : 65 Kcal
  • Protein : 1 gram
  • Lemak : 0,3 gram
  • Karbohidrat : 16,3 gram
  • Kalsium (Ca) : 14 mg
  • Fosfor (P) : 27 mg
  • Serat : 2 gr
  • Besi (Fe) : 0,6 mg
  • Vitamin A : 1 RE / 10 (SI)
  • Vitamin B1 : 0,07 mg
  • Vitamin B2 : 0,04 mg
  • Vitamin C : 81,7 hingga 20 mg
  • Niasin : 0,7 mg   
Untuk mengatasi diare atau mencret pada bayi
Jika bayi mengalami diare atau mencret maka Anda dapat segera menyiapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan saring untuk diambil airnya. Setelah itu minumkan sebanyak 2-3 sendok makan pada bayi yang mencret.

Untuk mengobati penyakit liver
Untung mengobati liver maka anda puasa makanan makanan lain. Anda hanya perlu meminum juice sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan.

Untuk Mengobati Ambeien.
Buah sirsak juga dapat digunakan untuk mengatasi ambeien. Caranya, peras buah sirsak yang sudah masak, kemudian ambil airnya sebanyak 1 gelas. Minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

Untuk mengatasi sakit kandung air seni
Siapkan buah sirsak yang setengah masak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan hal tersebut rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Untuk mengobati anyang-anyangen
Anyang-anyangen merupakan gangguan saat buang air kecil terasa sakit seperti terbakar. Untuk mengatasinya segera siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Setelah itu kupas buah sirsak dan rebus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas. Setelah masak, saring dan diminum airnya.

Khasiat lain buah sirsak adalah untuk mengatasi mengatasi sembelit, membantu pembentukan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan dini, digunakan sebagai alternatif pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, meningkatkan selera makan, dan memperlancar sistem pencernaan.