Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Secara Menyeluruh

Manfaat buah manggis memang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Buah yang memiliki warna hitam pada bagian kulit yang sudah matang ini memiliki rasa yang manis dan segar. Anda dapat menjadikannya sebagai menu harian sebagai pelengkap nutrisi dari buah-buahan.

Hampir dari semua bagian buah manggis dapat diambil manfaatnya, mulai dari buah manggis, kulit manggis, hingga bijinya. Tidak heran jika buah manggis mendapat julukan queen of fruits atau ratunya buah.

Manfaat Manggis



Mengapa buah manggis sangat baik untuk tubuh? Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah manggis, diantaranya adalah catechins, polysaccharides, quinones, stilbenes and polyphenols.

Seperti yang dikutip dari blog manfaat-manggis-herbal.blogspot.com, catechins terbukti mengandung lima kali antioksidan dibanding vitamin C, sedangkan Polysaccharides dan Quinones dikenal sebagai anti bacterial, sehingga dapat melindungi tubuh dari bakteri manapun. Keduanya juga memiliki fungsi sebagai pencegah kanker, dan terakhir Stilbenes adalah zat yang dapat mencegah timbulnya aneka jamur yang merugikan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat manggis untuk kesehatan tubuh:

Dapat menghambat penuaan dini
Kandungan zat antioksidan alami yang terdapat dalam buah manggis dapat menghambat proses penuaan dini pada tubuh. Zat antioksidan dalam manggis tersebut akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, jadi kita akan terlihat awet muda.

Dapat digunakan sebagai anti kanker
Buah manggis mengandung xanthone yang dapat berfungsi sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

Dapat meningkatkan stamina dan tenaga
Buah Manggis ternyata memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga dapat membantu menjaga stamina tubuh sehingga tubuh kita selalu fit.

Dapat menyehatkan mata, kulit dan rambut
Buah manggis dapat membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

Dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
Kolesterol jahat atau LDL (low density lippoprotein) berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi buah manggis dapat menurunkan kolesterol jahat tersebut karena kandungan zat xanthones pada buah manggis.

Dapat mencegah penyakit batu ginjal
Kebanyakan penyakit ini diderita oleh laki-laki. Untuk pencegahan agar terhindar dari penyakit batu ginjal, sebaiknya konsumsi buah manggis sebanyak 3 ons atau lebih tiap harinya. Dengan demikian dapat membuat kita lebih sering kencing, sehingga mencegah munculnya batu ginjal.

Dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes
Hal ini disebabkan karena buah manggis mengandung zat yang dapat menormalkan tekanan darah, memulihkan energi dan mengurangi kelebihan gula darah.

Untuk mendapatkan khasiat buah manggis secara maksimal, Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman jus yang segar. Selain buah manggis, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah naga sebagai pelengkap lain buah-buahan. Selamat mencoba!