Manfaat Daun Jinten Cara Menanamnya

Daun jinten merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat. Ada banyak sekali manfaat daun jinten yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit sehari-hari seperti meredakan nyeri, menghangatkan badan, mengatasi masuk angin, panas dalam, batuk, deman dan masih banyak lagi.

Untuk lebih memudahkan dalam mendapatkan daun jinten, tidak ada salahnya jika kita menanam tanaman jinten disekitar rumah atau pekarangan. Sehingga jika suatu saat kita membutuhkan tinggal memetiknya tanpa harus bingung mencari kesana kemari. Untuk menanam jinten tidaklah sulit, langsung saja simak beberapa tahapan yang bisa Anda coba dibawah ini.

Cara Menanam Jinten


Manfaat Daun Jinten
image:itoday.co.id

  • Langkah pertama, siapkan bibit jinten yang bisa diambil dari biji jinten kering
  • Kemudian ambil pot dan buat lubang sedalam 6 cm pada bagian tengah untuk menanam bibit jinten. Bibit jinten akan tetap hangat pada kedalaman tersebut.
  • Setelah itu tutuplah dengan tanah berlumut pada bagian atas biji. Tutup saja dengan perlahan jangan sampai menekan-nekan lumut terlalu padat.
  • Sebaiknya letakkan pot di atas alas baki agar dapat menampung air yang keluar dari dalam pot. Selain itu, baki ini juga berfungsi menyerap kembali air di baki sehingga tanaman tidak kekeringan. Pastikan juga tanah yang digunakan untuk menanam jinten cukup lembab saat disentuh namun tidak tergenang air. 
  • Kemudian letakkan pot di samping jendela yang terkena sinar matahari atau terkena cahaya. Pastikan suhu lingkungan di sekitar tanaman jinten harus dijaga tetap hangat, yaitu sekitar 20 derajat celcius.
  • Jika Anda menanam di dalam rumah, Anda cukup menyiramnya seminggu dua kali. Namun jika Anda menanam di luar rumah, sebaiknya siramlah lebih sering agar menjaga tanahnya tetap lembab yaitu antara dua hingga kali seminggu. Satu lagi yang paling menarik, tanaman jinten tidak perlu dipupuk, jadi tidak ribet memberikan pupuk dan mudah dalam perawatan. 

Manfaat Daun Jinten

Salah satu manfaat daun jinten adalah untuk mengatasi masuk angin. Masalah masuk angin merupakan hal yang umum dan sering kita alami karena kondisi cuaca yang  tak menentu. Sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan berbagai macam penyakit bisa menyerang. Jika Anda mengalaminya, dapat segera mengatasi dengan pengobatan herbal daun jinten, caranya:

Siapkan bahan: 
  • 5 lembar daun jinten  
  • 1/2 gelas air panas
Cara membuat dan memakainya:
  • Cuci bersih daun jinten, kemudian haluskan. 
  • Setelah itu masukan (seduh ) daun jinten yang sudah halus tersebut pada 1/2 gelas air panas. 
  • Saring ramuan tersebut dan minum 1 kali sehari.
Cukup mudah dan sederhana bukan? Selain daun jinten, Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah naga dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Selamat mencoba!