Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Sering Terabaikan

Manfaat kunyit atau yang biasanya disebut kunir memang sangat luar biasa. Kunyit yang memiliki nama latin curcuma longa merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak terdapat di Indonesia dan kawasan lain Asia Tenggara.

Selain dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, kunyit juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan seperti menghilangkan jerawat hingga untuk memutihkan kulit. Salah satu bagian penting yang terdapat dalam kunyit atau kunir adalah kurkumin. Lantas apa saja manfaat dan khasiat kunyit? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini,

Manfaat Kunyit


Manfaat Kunyit
image:jamuhomeremedy.com

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat kunyit untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti yang dikutip dari m.vemale.com.

Kunyit dapat digunakan untuk meredakan sakit maag
Kunyit dapat mencegah infeksi bakteri, akan membantu meredakan perih pada lambung penyebab sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Dapat menyembuhkan batuk
Kunyi dapat menyembuhkan sakit batuk dengan cara direbus dengan jahe dan gula merah kemudian seduh. Minum sehari satu kali setelah makan hingga batuk Anda sembuh.

Jahe dapat mengatasi bau amis pada saat datang bulan
Selain dapat mengatasi bau amis pada saat datang bulan, kunyit juga dapat melancarkan darang bulan dengan cara meminumnya secara rutin.

Untuk mengatasi amandel
Amandel merupakan salah satu masalah tenggorokan yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan terjadinya kematian. Jika dibiarkan saja tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Anda dapat mengatasinya menggunakan kunyit, caranya haluskan kunyit kemudian ambil airnya. Campurkan dengan jeruk nipis serta madu. Minum setiap hari sekali dan amandel akan cenderung kempes.

Untuk memperlancar ASI
ASI merupakan kebutuhan pokok bagi si kecil, sebaiknya Anda membuat sendiri ramuan kunyit untuk memperlancar ASI. Karena jika Anda membelinya secara instan, ditakutkan terdapat bahan pengawet yang berbahaya bagi si kecil. 

Kunyit dapat menghambat perkembangan tumor
Untuk dapat menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker, Anda dapat menggunakan kunyit putih. Caranya dengan dikonsumsi setiap hari dan dianjurkan untuk menghindari menu makanan yang berlemak.

Untuk mengatasi jerawat
Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan menggunakan kunyit. Anda dapat mengaplikasikannya sebagai masker maupun diminum, jerawat akan niscaya kering dan hilang.

Bahan-bahan dari alam memang lebih baik karena lebih minim efek samping sehingga lebih aman untuk kita konsumsi. Seperti halnya manfaat buah naga yang juga merupakan produk hasil alam. Selamat mencoba!