Manfaat Lengkuas atau Laos Sebagai Tanaman Obat

Manfaat lengkuas atau laos sangat beraneka ragam untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tidak hanya sebagai bumbu dapur saja. Tentu saja bagi ibu-ibu rumah tangga sudah tidak asing dengan lengkuas atau laos karena sering menggunakannya sebagai tambahan bumbu masakan sehingga lebih lezat dan nikmat.

Lengkuas atau laos memiliki nama latin Alpinia galanga yang merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang dapat tumbuh subur pada daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman yang memiliki bentuk mirip jahe ini masih tergolong kedalam keluarga rimpang. Lengkuas mengandung banyak senyawa penting yang dibutuhkan oleh manusia seperti zat besi, sodium, vitamin A dan C, flavonoid dan fitonutrien.

Manfaat Lengkuas


Manfaat Lengkuas
image:chutneychicks.wordpress.com

Seperti yang dikutip dari health.kompas.com, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat lengkuas untuk kesehatan tubuh sehari-hari:

Sebagai anti-inflamasi
Lengkuas dapat kita gunakan untuk mengatasi arthritis dan rheumatoid arthritis atau radang sendi karena mengandung anti-inflamasi.

Dapat membantu mencegah mabuk
Jika Anda sering mengalami mabuk laut atau mual saat melakukan perjalanan, maka Anda dapat mengatasinya dengan lengkuas, dengan cara mengunyah beberapa iris lengkuas segar. Cara tersebut dipercaya cukup efektif untuk menghentikan rasa ingin muntah.

Membantu mengatasi peradangan perut atau bisul
Lengkuas dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena peradangan pada perut atau bisul.

Dapat menangkal radikal bebas
Radikal bebas dan racun lainnya dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya kerusakan yang harus dihindari. Lengkuas mengandung sejumlah anti-oksidan yang dapat membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan radikal bebas dan racun tersebut.

Lengkuas dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
Anda dapat mencoba memasukkan lengkuas dalam menu diet harian untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar sangat berperan penting dalam menjaga jantung tetap sehat.

Untuk mengatasi diare
Jika Anda menderita diare, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengunyah beberapa iris lengkuas segar sebagai pengobatan alternatif.

Jadi tidak hanya manfaat buah naga saja yang bisa kita dapatkan sehari-hari, namun beberapa tanaman obat seperti lengkuas bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat!