Manfaat Mengkudu atau Pace dan Cara Mengkonsumsinya

Mengkudu disebut juga dengan buah pace merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang buruk dan aroma yang tidak sedap. Namun dibalik semua itu ternyata mengkudu memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Cara mengkonsumsi mengkudu juga harus baik dan benar, jika tidak maka khasiat dari buah mengkudu tidak bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Meskipun buah mengkudu tidak menarik baik dari segi bentuk dan aroma, namun buah mengkudu adalah salah satu buah dengan sumber antioksidan yang cukup besar. Antioksidan ini dapat menangkal radikal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Berikut ini beberapa ulasan khasiat mengkudu seperti yang ditulis kesehatan.kompas.com.

Manfaat Mengkudu


Manfaat Mengkudu
image:solorecovery.blogspot.com


Meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus
Dengan mengkonsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Dua kelenjar ini mempunyai peranan yang penting dalam melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh. Tubuh akan mudah terserang penyakit jika fungsi kelenjar ini menurun.

Dapat memperlancar peredaran darah dan menyehatkan jantung
Mengkudu mengandung mineral yang dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan demikian jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah, dan tekanan darah dapat kembali normal.

Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor
Memang jika dalam tubuh sudah terdapat sel kanker dan tumor pengobatan yang utama adalah operasi atau kemoterapi. Namun dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur setidaknya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor agar tidak menjadi lebih besar.

Seperti yang dikutip dari vemale.com, untuk mengkonsumsi mengkudu Anda harus memperhatikan dosis yang diberikan. Untuk usia di atas 16 tahun, Anda dapat mengkonsumsi jus mengkudu 2 kali sehari sebanyak 25 ml sekali minum. Sedangkan bagi Anda yang belum berusia 16 tahun, dosisnya sama, hanya saja ketika sudah melewati waktu pengkonsumsian satu bulan pertama, konsumsi jus ini hanya pada saat sebelum makan pagi. 

Berikut ini cara mengkonsumsi mengkudu yang baik dan benar untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal:
  • Ambil 2 atau 3 buah mengkudu yang besar dan setengah matang dengan ciri-ciri warnanya kuning namun belum berbau.
  • Setelah itu kupas dan buang bijinya, potong-potong kemudian masukkan kedalam blender. Anda dapat mencampurnya dengan buah apel atau anggur untuk tambahan.
  • Setelah semua bahan benar benar cair dan menyatu, kemudian campurkan syrup untuk rasa, bisa juga menambahkan madu.
  • Terakhir, saring dan minum segera saat masih dalam keadaan segar.
  • Jangan mencampur jus tersebut dengan teh, kopi, ataupun minuman beralkohol karena dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiat dari buah mengkudu.
Reaksi yang muncul dari mengkonsumsi jus mengkudu ini adalah tubuh akan terasa lebih segar, tidur menjadi lebih nyenyak, siklus sistem percernaan menjadi lancar, dan lebih bersemangat serta gairah kerja meningkat. Jadi tunggu apa lagi? Selamat mencoba jus mengkudu yang berkhasiat!